Monday, July 20, 2015

PINDAH . (baca dengan titik)

Aduhai judul postingannya sengaja aku miripin sama judul novelnya Om Bernard Batubara Cinta . (baca dengan titik) haha asoy.

Okey, ngomongin pindah, atau Move on. Suatu hal yang kalo dilakukan susah susah gampang. Terkadang bikin galau atau bahkan makan hati sendiri.
Nggak dipungkiri, jaman sekarang, arti kata pindah atau move on sendiri cenderung pada sesuatu yang ada kaitannya dengan cinta monyet remaja-remaja yang ngakunya kekinian.
Hmm, padahal enggak sepenuhnya menjorok kesitu loh. Misal, pindah rumah, pindah kerjaan, pindah sekolah, pindah hati, eh?
Oke. Sekarang saya emang bakalan bicara tentang pindah hati. Hmm, kita semua pasti pernah kan ngerasain suka sama seseorang? Lalu seiring berjalannya waktu, perasaan itu kian kabur, lalu memudar dan akhirnya pun lenyap entah kemana.
Dan di saat yang seperti itu, hal pertama yang kita butuhkan terkadang adalah berpindah. Dari satu orang itu ke orang lainnya. Saya menamainya pindah hati.
Telah kita ketahui bersama, kalau rasa suka terhadap seseorang itu merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Ya, karena Dia berkuasa memberikan perasaan sayang kepada sesiapa orang yang dikehendakinya.
Tapi gimana jika kita yang udah sayang banget sama dia orang, eh dianya malah nggak lagi memiliki perasaan suka itu? Ya udahin aja! Ilangin aja!
But how's?
Seperti yang saya katakan di awal. Susah susah gampang, sih. Tapi saya cuman mencoba ngerangkum dari beberapa pengalaman dan juga pengamatan yang telah saya lakukan kemarin-kemarin sebelum menulis postingan ini.

Ya, selalu ada!

ehemm..

Roman romannya perasaan suka itu emang susah ilangnya secara keseluruhan. Apalagi jika emang udah sayang banget sama dia orang. Mungkin bisa dibilang kalau hal ini adalah hal paling sialan banget.

Melakukan segala sesuatu jadi serba salah. Nggak melakukan apa-apa juga salah. Pusing palamami.

"Padahal gue pikir gue udah bener bener move on. Tapi entah kenapa setiap liat nasi dibungkus kecil pake kertas minyak terus dikaretin, gue jadi keinget sama ngabuburit tahun lalu bareng dia orang di kucingan depan rumah.." 

Emang. Kenangan itu susah untuk dihilangkan, apalagi dilupakan gitu aja. Karena kenangan itu, manusia hidup dalam keoptimisan untuk menjadi lebih baik lagi dan lagi. Karena kenangan adalah masa lalu yang harus diperbaiki agar masa depan menjadi cerah dan gemilang.
Dan yang harus kita lakukan untuk meraih masa depan yang sudah kita rencanakan itu adalah dengan perpindahan.
Perpindahan menuju diri kita yang haruslah lebih baik dari hari ke hari. Kita harus bisa menerima kenyataan pahit kalau masa lalu akan tetap jadi kenangan. Walaupun semanis apapun itu, kenyataannya, memang telah berlalu. Ya, yang harus kita lakukan adalah berpindah tempat dari semua situasi itu.
Tapi terkadang, perpindahan itu membutuhkan pengorbanan yang tidak sedikit, dan tidak sebentar. Proses adalah suatu yang siap tidak siap harus kita jalani terlebih dahulu sebelum akhirnya menuai hasil yang kita harapkan.

Langkah-langkah perpindahan (jangan lupa siapkan perabotan juga. xixixi.)

Sibukkan diri.
Masih susah move on? Masih sering ngelamunin mantan? Hmmm.. Kalo kamu bener-bener seorang penganggur abadi dan enggak punya ide pekerjaan apapun, coba deh sesekali pura-pura nyibukin diri sendiri. Bantu orang tua kek, ngajak main adek kek, main game ama temen kek, dll. Yang penting kamu sibuk. Walaupun cuman pura-pura. Jadinya, agenda ngelamunin mantan enggak ada dalam daftar kegiatan kamu sehari-hari, mblo. Xixi.

Tekuni hobi.
Setelah beberapa lama putus, mungkin kamu masih sering keinget mantan. Dan itu kadang membuatmu lupa akan hobimu. Sesuatu yang sangat ingin kau lakukan. Yah, saat menjomblo (menyingle) adalah kesempatan yang pas untuk kembali pada duniamu yang sebenarnya. Yang belum ada campur tangan cinta yang membuat hidup semakin rumit. Setidaknya, yang harus kau lakukan selanjutnya adalah menekuni hobimu lagi. Seperti ngeblog misalnya, terus kita saling follow deh, bisa lah ya move on sama gw. Haha.

Hindari ngelamun.
Jangan sampe kamu ngelakuin hal ini sesaat setelah patah hati karena ditinggal pergi selingkuh sama mas atau mbak mantan pacar. Yaelah, enggak ngelamun aja tetep kepikiran, apalagi ngelamun. Orang diajak ngobrol sama bos atau sama guru aja fokusnya ke si dia muluk. Kapan bisa move on-nya?

Pikirkan hal lain.
Kalau dengan memikirkan si dia terus kamu nggak bisa move on, pikirin hal lain yang sangat lebih bermanfaat. Contohnya. gimana ibadahmu, gimana sekolahmu, hubunganmu dengan keluarga. Apa semuanya udah baik? Kalo belum benahi dulu. Dan berhenti memikirkan dia.

Jangan datang ke tempat yang dulu biasa kalian datangi bersama.
Pokoknya jangan pernah! Jangan sampe malahan. Karena bisa aja kalo kamu datang ke taman yang biasa kalian berduaan, pacaran, mesra-mesraan sendirian bakal ada yang kurang. Otak kamu pasti langsung otomatis flashback kenangan-kenangan kamu sama dia yang pernah kalian alami di tempat itu. Dan itu semua akhirnya membuatmu baper lagi. Lalu inget lagi, dan nggak pernah bakal bisa move on.

Niat!!!
Justru inilah poin terpenting dari perpindahan yang akan kita lakukan. Jika sejak awal kita hanya sekadar ikut-ikutan teman untuk move on misalnya, itu pasti tak akan berhasil. Tak akan pernah. Karena segala sesuatu pada dasarnya berawal dari sebuah niat di dalam hati. Yang lalu terealisasikan melalui sebuah perbuatan yang dapat dilihat mata, di dengar telinga, dicium hidung, diraba tangan, dan dirasa lidah.

Patah hati itu emang sakit. Karena hati yang kamu miliki tadinya utuh, eh tiba-tiba ada hati yang nggak bertanggung jawab datang, lalu dengan cueknya bawa cangkul lalu mencangkuli hatimu dengan kerasnya sambil bernyanyi "Cangkul, cangkul, cangkul yang dalam hatinya longgar, baper kutanam 2x".

errr.. Back to the topic.

PINDAH . (titik) adalah sesuatu yang sakral, sulit untuk dilakukan. Karena memang butuh niat yang sangat sangat kuat, perlakuan yang khusus, dan kegiatan yang terus menerus agar bisa berhasil menuju tempat tujuan. Pindah. Aku mengutip kata-kata dalam sebuah kumcer.

Ada indah dalam setiap pindah.

So, there's no worry for you to move on bebih~!!
Go ahead! 

5 comments:

  1. keren gan :D dibaca samaanehehe

    ReplyDelete
  2. izin bookmark gan bermanfaat nihbuat baca2 hhe

    ReplyDelete
  3. Ciye yang lagi galau nih... sorry nih sister saya cuma mau saran aja, menyudahi hubungan itu sangat tidak baik, Kalo kita sudah memulai suatu hubungan, maka kita harus siap segala resiko, dan terus berusaha menjaga hubungan tersebut, agar tidak tercerai berai...duhh maap saya sok bijak wkwk Tapi nice post lah sister! Lanjutkan!

    ReplyDelete
  4. hehe bismillah deh ane nyoba pake tips dari ente ;'v semoga aja gue bisa lupain domain .com wekwekwek;v

    ReplyDelete