Saturday, November 24, 2018

Artikel Tips 1 : Tips Meningkatkan Budaya Literasi

Sumber : Dok. Pribadi

Kegiatan membaca terutama buku, adalah suatu hal yang kini mulai langka dilakukan oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. semenjak munculnya alat elektronik bernama gadget, android, dan kawan-kawannya, fokus masyarakat millenial menjadi teralihkan kepada hal-hal yang cenderung sepele untuk dikerjakan.

Semisal saja seseorang justru asyik tertawa-tawa sendiri sambil sibuk membalas chat Whatsapp di hpnya, padahal ada orang lain di sampingnya yang sedang mengajaknya bicara.

Budaya literasi atau kegiatan membaca seolah menjadi tameng untuk mengimbangi kemajuan teknologi yang ada sekarang. Sedangkan, untuk menumbuhkan kecintaan terhadapnya memanglah perlu sebuah kesadaran dan perjuangan yang cukup besar agar tidak kian dimanfaatkan oleh teknnologi.

Nah, apa saja hal yang harus dilakukan agar bisa memiliki kesadaran untuk membaca? Berikut sedikit tips dan pemaparannya untuk Anda.

1. Tanamkan mindset bahwa ilmu pengetahuan yang didapat dari buku lebih valid daripada apa yang tertera di internet

Hal tersebut harus benar-benar kita sadari seiring banyaknya berita hoax atau berita bohong yang tersebar begitu saja di internet secara massive tanpa diketahui sumber pastinya darimana, siapa yang menyebarkan, dan lain sebagainya.

2. Membaca buku adalah tabiat para ulama, pemikir, dan orang-orang cerdas

Sebuah pepatah bijak mengatakan, “buku adalah jendela dunia”, “buku adalah lautan ilmu”, dan lain sebagainya. Kata-kata bijak itu hanya akan menjadi kata-kata ketika kita tidak mempraktekkannya, bahkan mempercayainya. Namun, bisa jadi sebuah mantra sakti mandraguna yang mungkin dapat mengubah seluruh hidup kita ketika benar-benar dipraktekkan secara nyata.

3. Pertimbangkan efek kesehatan mata Anda

Kertas yang kita lihat dalam buku-buku tidak akan membahayakan penglihatan kita, asalkan saat membaca tulisan yang ada di dalamnya, kita berada di sebuah ruangan atau tempat dengan pencahayaan yang lumayan terang. Sebaliknya, gadget dan alat-alat elektronik dalam hal ini melalui layarnya, bisa berpotensi menimbulkan gangguan pada penglihatan mata kita, jika dikerjakan secara terus-menerus. Untuk itulah, terpapar radiasi gadget cukup berdampak buruk untuk kesehatan.

Mungik itulah sedikit tips untuk meningkatkan budaya literasi dengan membaca, khususnya membaca buku fisik yang sudah jarang untuk dilakukan. Tips atau cara ini hanya akan menjadi sebuah informasi atau pengetahuan belaka jika tidak dipraktekkan. Maka dari itu, mulailah dari sekarang untuk mencoba memraktekkannya secara langsung dan berkala. Selamat mencoba!

#NonFiksi
#ODOPBatch6

0 comments:

Post a Comment