Thursday, November 22, 2018

Opini Politik : Pendekatan Perilaku dalam Ilmu Politik


Prof. Mariam Budiarjo dalam bukunya yang berjudul Dasar-Dasar Ilmu Politik menyatakan bahwa definisi ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari politik atau politics atau kepolitikan. Sedangakan, politik sendiri merupakan usaha menggapai kehidupan yang lebih baik. Secara pengertian, kita mendapati bahwa ilmu politik atau politik sendiri merupakan suatu penjabaran sederhana dari tata kelola ataupun upaya untuk mencapai kehidupan yang lebih baik.

Lantas, pertanyaan yang muncul selanjutnya adalah seperti apakah standard kehidupan yang lebih baik itu?

Secara umum, kehidupan yang lebih baik dapat diartikan sebagai kenikmatan atas hidup yang bahagia dan sejahtera. Sedangkan untuk mencapai hal tersebut, diperlukan upaya atau kekuasaan tertentu yang mampu mengambil keputusan mengenai kebijakan yang akan menentukan pembagian atau alokasi dari sumber daya yang ada.

Masih dalam bukunya, Prof. Mariam Budiarjo lantas menyimpulkan bahwa politik dalam suatu negara (state) berkaitan dengan masalah kekuasaan (power), pengambilan keputusan (decision making), kebijakan publik (public policy), dan alokasi atau distribusi (allocation or distribution).

Lebih jauh lagi, ternyata dalam ilmu politik terdapat dua pendekatan, yakni tradisional dan perilaku (behavioral approach). Awalnya, pendekatan tradisional amat mendominasi sebelum kemunculan pendekatan perilaku yang menekankan poin-poin seperti fakta, penelitian empiris, ilmu murni, sosiologis-psikologis, serta kuantitatif. Hal tersebut menimbulkan keuntungan tersendiri dalam pendekatan perilaku.

Diantaranya, memberi kesempatan untuk mempelajari kegiatan dan susunan politik di beberapa negara yang berbeda sejarah perkembangan, latar belakang kebudayaan berikut ideologinya, dengan memperlajari berbagai mekanisme yang menjalankan fungsi-fungsi tertentu, yang memang merupakan tujuan dari setiap kegiatan politik dimana pun terjadi. Dari keuntungan-keuntungan yang dipaparkan tersebut, diharapkan bahwa Ilmu Politik Perbandingan akan maju dengan pesat.

Sebenarnya, inti dari tulisan ini adalah ingin menekankan pada generasi muda Indonesia pada khususnya, untuk melek politik secara intelektual khususnya melalui pendekatan perilaku. Karena, sejarah mencatat bahwa kemunculan pendekatan perilaku dalam ilmu politik berpengaruh besar dalam hal pencapaian keseimbangan dalam masyarakat, yang sebelumnya dipicu oleh perkembangan beberapa macam analisis yang menghadirkan rumusan-rumusan tentang kedudukan nilai-nilai (value), dalam penelitian politik serta satuan sosial yang hendak diamati.

#ODOPBatch6
#NonFiksi

0 comments:

Post a Comment