Saturday, November 24, 2018

Artikel Tips 2 : Tips Menciptakan Tulisan yang Enak Dibaca

Sumber : Hima PBSI UNY

Sejatinya, menulis merupakan skill atau kemampuan yang bisa dimiliki oleh hampir setiap orang yang ada di dunia ini. Hanya saja, beberapa orang kadang beruntung bisa memanfaatkannya dengan baik. Namun adapula yang kesulitan merangkai kata-kata, lantas menyerah tanpa pernah mencoba sebelumnya. Ya, menulis memang lebih banyak memerlukan lathan daripada sekadar teori belaka. Karena kemampuan meramu dan menyajika kata-kata akan meningkat seiring jam terbang yang dimiliki oleh seorang penulis.

Dalam hal ini, sebenarnya setiap orang tanpa terkecuali bisa saja berpotensi sebagai seorang penulis. Namun, hanya segelintir yang mau menekuni dunia ini karena sebuah passion, cita-cita, bahkan tujuan yang mulia sekalipun. Lantas, bagaimana agar bisa menciptakan tulisan yang baik dan enak dibaca? Pertanyaan ini memiliki jawaban yang mudah saja untuk dilakukan. yakni terus asah kemampuan dengan latihan, latihan, dan latihan. Nah, berikut adalah sedikit pemaparan lebih lengkapnya.

1. Buat judul yang menarik perhatian dan rasa ingin tahu.

Judul bisa dikategorikan sebagai ruh atau nyawa yang akan menghidupkan sebuah cerita atau pembahasan dalam sebuah tulisan. Ketika judul yang dibuat langsung mampu mengambil hati pembaca, maka pastikanlah ia akan terus membaca tulisan Anda sampai titik kalimat terakhir.

2. Ciptakan paragraf pertama yang memukau.

Paragraf pertama selalu memilikikesan tersendiri di hati pembaca. Entah itu karya fiksi maupun nonfiksi. Kebanyakan pembaca cenderung menyukai karya yang diawali dengan pembahasan yang membuat rasa penasarannya muncul.

3. Eksekusi dengan bahasa yang mengalir, santai, namun tidak alay.

Penulis yang baik adalah mereka yang memperhatikan pembacanya dengan menyajikan tulisan-tulisan yang bernas, mengalir, santai, dan enak untuk dibaca. Jarang sekali kebanyakan pembaca menyukai tulisan-tulisan alay atau yang menggunakan bahasa-bahasa tak resmi yang susah untuk dipahami. Banyak menggunakan tanda baca sebagai pemanis, huruf yang ditulis secara tidak semestinya, atau semaunya sendiri, dan lain sebagainya. sebaliknya, ciptakan tulisan dengan bahasa yang mengalir yang bisa terus diikuti dan dipahami oleh pembaca dengan baik.

4. Latihan, latihan, latihan!

Nulis itu butuh lebih banyak praktek, bukan teori! Ini merupakan faktor paling penting yang harus dimiliki seorang penulis pemula, bahkan yang sudah senior sekalipun. Karena sekalipun seseorang memiliki bakat atau passion yang besar dalam menulis, namun jarang bahkan tak pernah melatihnya, maka ia tak ada apa-apanya daripada seorang pemula yang giat berlatih dan mengasah kemampuannya sepanjang waktu.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda praktekkan ika ingin menciptakan tulisan yang enak dibaca. Lebih dari itu, satu hal yang harus selalu Anda lakukan adalah melakukan latihan itu sendiri secara berkala. Jika latihan itu sudah Anda rutinkan, minimal setiap hari atau beberapa hari sekali, dan lain sebagainya, maka secara tidak langsung, kelak Anda akan mampu menilai sejauh mana kemampuan anda yang sebenarnya. Selamat mencoba! Semoga bermanfaat!

#NonFiksi
#ODOPBatch6

0 comments:

Post a Comment