Thursday, November 22, 2018

Opini Kesehatan : Pentingnya Menjaga Mental Tetap Sehat dan Waras

Sumber : majalah-online.com

Unsur pembentuk kehidupan seorang manusia berasal dari jasmani dan rohani. Dari sisi jasmani, manusia bisa dikategorikan dalam keadaan sehat dan baik-baik saja ketika fisik atau tubuhnya sehat. Sedangakn dari sisi rohani, manusia dapat dikatakan sehat dan waras jika jiwanya tidak mengalami gangguan atau guncangan dari luar maupun dalam diri yang berarti.

Dalam hal ini, poin yang ingin penulis titik beratkan adalah tentang pentingnya menjaga mental tetap sehat dan waras. Artinya, penting bagi kita untuk senantiasa merawat mental dalam keadaan yang stabil dan terkontrol dengan baik. Sebab, kesehatan mental berpngaruh terhadap kesehatan fisik. Namun jika kesehatan mental seseorang terganggu, maka kemungkinan seseorang tersebut akan kehilangan separuh kontrol dirinya dalam kehidupan.

Kesehatan mental atau jiwa juga berfungsi sebagai pengontrol kinerja otak, syaraf, dan bagian-bagian tubuh lain yang ada di dalam tubuh kita. Misalnya saja pasien rumah sakit jiwa yang notabene kebanyakan dari mereka gagal atau kurang mampu menjaga kesehatan jiwa atau mental yang mereka miliki. Akibatnya, setengah akal mereka atau bahkan mungkin seluruhnya, menjadi rusak dan hilang kendali. Sejurus dengan rusaknya sistem-sistem yang ada dalam tubuh tersebut, tak jarang bahwa penderita gangguan jiwa seringkali tidak merasakan sakit ketika bagian tubuhnya terluka atau semacamnya. Mereka seperti kehilangan indera perasa atau lebih tepatnya, panca indera mereka mungkin tidak berfungsi dengan baik selayaknya orang normal pada umumnya.

Kesehatan mental dan kewarasan ini erat kaitannya dengan aspek-aspek kecerdasan yang dimiliki oleh manusia. Dilihat dari kecerdasan spiritual, jika seseorang memiliki kecerdasan spiritual yang tinggi, berikut pemahaman yang baik dan benar terhadap hubungan baik antara dirinya dengan Tuhan, misalnya. Maka hal tersebut akan menyelamatkannya dari ketidaksehatan jiwa.

Dilihat dari kecerdasan emosional, hal ini meliputi kontrol diri seseorang pada lingkungannya yang kadang sejalan atau tak sejalan dengan pemikirannya. Bagaimana cara dia bersosialisasi ataupun bergaul dengan sesamanya, dan lain sebagainya. Untuk itu, penting kiranya bagi kita untuk senantiasa menjaga kesehatan mental kita agar tetap dalam kondisi sehat dan waras demi menggapai apa-apa yang kita inginkan dan cita-citakan di kemudian hari.

#ODOPBatch6
#NonFiksi

0 comments:

Post a Comment