Thursday, November 8, 2018

Jangan Lelah Jadi Baik

Ketika seseorang dewasa, maka ia mulai dihadapkan dengan berbagai macam pilihan penting dalam hidup. Seperti halnya pilihan untuk menjadi orang baik, atau buruk. Maksudnya, menentukan sikap dalam kehidupan untuk menjadi seperti apa, siapa atau bagaimana dirinya dalam mengarungi kehidupan ini. Banyaknya pilihan itu harus membuat diri kita menjadi bijak dalam bersikap dan memutuskan sesuatu.

Memilih menjadi orang baik, misalnya. Berarti juga harus siap dengan segala konsekuensinya. Akan banyak dimintai bantuan orang lain. Kadang karena terlalu baik bukan malah dibalas baik, tapi justru dimanfaatkan. Bersiap untuk diperlakukan tidak baik, dan lain sebagainya. Memilih menjadi orang yang buruk juga memiliki peluang yang sama untuk dibenci orang, misalnya. Dicap sebagai orang jahat karena buruk lakunya, dikucilkan di masyarakat, dan lain sebagainya.

Lantas, fokus sajalah pada satu pilihan terbaik. Seperti halnya menjadi orang baik yang tidak lelah untuk terus membaik, meskipun kadang kebaikan itu tidak terbalas sebagaimana mestinya. Meskipun kadang kebaikan itu justru  dimanfaatkan oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab. Namun, dengan melatih diri dan hati untuk terbiasa dengan perlakuan-perlakuan kurang menyenangkan, maka segala sesuatu, seperti apapun bentuknya nanti, akan bisa kita terima denga hati dan diri yang terbuka.

Jangan lelah jadi baik! Berjalanlah di atas kebenaran serta prinsip yang telah kau yakini menjadi langkah-langkahmu untuk meraih tujuan yang sebenarnya. Menguatlah karena kau pantas untuk menjadi pribadi tangguh yang akan menaklukkan masa depan. Jangan pernah ragu untuk terus menebarkan semangat kebaikan pada orang lain, meskipun mungkin kau lebih membutuhkan semangat itu daripada orang lain.

Karena segala sesuatu itu pasti ada pembalasannya masing-masing. Entah dalam bentuk apa, entah dibalas oleh siapa. Yang jelas, sebagai manusia yang diberi kenikmatan hidup dengan segala fasilitas cuma-cuma yang diberikan Tuhan ini,  harus bisa kita gunakan dan manfaatkan dengan baik. Mensyukuri apa-apa yang telah kita miliki, misalnya. Merupakan sebuah bentuk penghargaan kepada pemberian yang bahkan tidak pernah kita minta sekalipun.

Jadi apapun hal yang akan kau hadapi kelak dalam hidup ini, hadapilah dengan bijak. Dengan kekuatan menjadi tangguh, serta teruslah berjalan di jalan kebenaran. Selamat mencoba!

#ODOPBatch6
#NonFiksi

0 comments:

Post a Comment