Monday, November 19, 2018

Kunci Sukses Meniti Karir


Kata orang bijak, sukses itu bukanlah sebuah tujuan atau destinasi, melainkan sebuah perjalanan. Kemudian, kerasnya kehidupan ini benar-benar membuktikan perkataan itu seiring berjalannya waktu. Tak ada orang yang bisa tiba-tiba menjadi sukses dalam semalam.

Melainkan, harus ada sebuah perjuangan atau perjalanan yang mungkin berdarah-darah terlebih dahulu yang harus ia lewati. Memang kemampuan masing-masing orang dalam meraihnya berbeda-beda. Setidaknya, setiap kita sudah mencoba memberikan yang terbaik pada impian menjadi sukses itu sendiri.

Memiliki karir yang bagus dan cemerlang juga merupakan indikator seseorang bisa dikatakan sebagai orang sukses. Memiliki banyak uang, jabatan tinggi, istri yang cantik atau suami yang ganteng, anak-anak penurut, dan lain sebagainya. Semua indikator itu sejatinya hanya bersifat semu belaka. Karena apa yang terlihat itu belum tentu menunjukkan kebahagiaan sejati dan hakiki. Mungkin di mata masyarakat, hal-hal semacam itu merupakan seuatu hal yang menandakan keberhasilan sesorang dalam kehidupan dunia.

Namun, pada tulisan kali ini, penulis akan mencoba membahas tentang kunci sukses meniti karir berdasarkan pengalaman orang-orang yang sudah dianggap sukses dalam dunianya. Juga berdasarkan hukum alam yang berkaitan dengan hubungan seorang hamba dengan Tuhannya. Kuncinya akan tersaji dalam poin-poin berikut.

Kenali siapa sebenarnya dirimu
Hal pertama dan paling utama untuk meniti kunci sukses dalam berkarir ialah mengenali diri sendiri. Mengetahui kemampuan apa yang bisa dilakukan si diri. Menyadari sepenuhnya tujuan keberadaan mengapa diri diciptakan oleh Sang Ilahi. Lantas, menjalankan amanah sebagai seorang manusia yang punya eksistensi untuk menjadi sukses, dan menggapai seluruh mimpi. Percayalah pada diri sendiri, bahwa apa yang diperjuangkan itu tak pernah menghianati hasil di kemudian hari.

Hilangkan kebiasaan menunda
Tak ada hal yang paling berharga dalam hidup ini selain waktu yang bisa dimanfaatkan dengan baik. Dan tak ada hal paling melenakan di dunia ini selain terlena pada waktu luang. Jika seseorang telah kehilangan waktu paling berharga itu secara sia-sia, maka ia tak dapat kembali lagi ke masa dimana waktu tersebut masih berjalan. Karena waktu yang hilang tak dpat kembali lagi. Sedangkan penundaan, adalah musuh terbesar yang harus dikalahkan bagaimanapun caranya. Maka dari itu, selalu sadarlah bahwa waktu adalah sumber daya yang paling berharga, yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

Tetapkan target yang mampu dicapai diri sendiri
Menetapkan target atau mimpi yang telah dicita-citakan mungkin terdengar sulit. Namun, hal ini berlaku untuk mengukur sejauh mana kapasitas dirimu untuk bersungguh-sungguh dalam menggapai tangga-tangga impianmu. Menetapkan target bagi diri sendiri berarti seseorang tersebut telah dianggap mampu dan bisa mengetahui sejauh mana kemampuannya. Target ini juga berfungsi untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas diri untuk kian menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Miliki kesadaran dan kontrol diri secara penuh
Demi memiliki karir yang sesuai dengan passion atau kemampuan, adanya kesadaran dan kontrol diri secara penuh itu menjadi amat dibutuhkan. Sebab dengan mengenali apa yang dibutuhkan, dan sadar terhadap kemampuan, akan menghasilkan akibat yang baik bagi eksistensi diri dalam kehidupan bermasyarakat. Maksudnya, ketika seseorang telah memiliki kesadaran dan kontrol dirinya secara penuh, maka apapun yang terjadi tak akan mampu menggoyahkan apa yang telah menjadi prinsip dan tujuannya.

Mungkin masih banyak lagi poin yang harus digali untuk mencapai kunci sukses meniti karir. Namun, karena keterbatasan penulislah, yang menjadikan hal tersebut hanya sebatas apa yang diketahui oleh penulis. Namun apapun itu, harapan yang selalu ada di benak penulis adalah agar setiap tulisan yang dibaca oleh pembaca ini bermanfaat, dan menimbulkan penafsiran positif bagi tiap-tiap kepala yang menerimanya. Aamiin.

#ODOPBatch6
#NonFiksi

0 comments:

Post a Comment