Friday, September 28, 2018

One Day One Post : TANTANGAN III - Balkondes Borobudur, Daya Tarik Wisata Baru di Kawasan 7 Keajaiban Dunia



Borobudur adalah salah satu kecamatan dengan prospek wisata terbesar yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Dengan adanya Candi Borobudur yang pernah menempati salah satu dari tujuh keajaiban dunia, membuat nama Kecamatan Borobudur kian mendunia di kancah internasional. Tak hanya itu, potensi wisata lain pun terus dikembangkan oleh pemerintah guna menjadikan wilayah Borobudur dan sekitarnya menjadi tujuan utama para wisatawan mancanegara, maupun lokal.

Potensi tempat wisata yang sedang dikembangkan oleh Kementrian BUMN (Badan Usaha Milik Negara) di sekitar kawasan wisata Candi Borobudur saat ini adalah Balai Ekonomi Desa atau biasa disebut dengan Balkondes. Saat ini, terdapat sekitar 20 Balkondes dengan berbagai macam fasilitas lengkap yang menjadi destinasi baru para wisatawan di Kecamatan Borobudur.

Menurut Rini Soemarmo selaku Menteri BUMN, Balkondes yang ada di sekitar kawasan wisata Candi Borobudur ini merupakan Interconecting Tourism System berbasis komunitas. Tujuan pembangunan Balkondes pun bukan sekadar untuk meningkatkan perekonomian desa semata. Melainkan, juga untuk memberdayakan dan mengembangkan potensi SDM yang berbasis wisata.

Kementerian BUMN dalam hal ini juga bekerjasama dengan BUMN Pariwisata, yaitu PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero), PT Hotel Indonesia Natour (HIN) Persero, maupun dengan PT Patrajasa, anak usaha Pertamina yang menjadi manajemen Balkondes. Tak hanya itu, website online dengan alamat www.balkondesborobudur.com juga menjadi salah satu sektor yang dikelola pemerintah BUMN untuk memberikan informasi terkait Balkondes yang ada di sekitar kawasan wisata Candi Borobudur, kepada masyarakat luas.

Diantara fasilitas yang ditawarkan saat mengunjungi Balkondes di Borobudur, Komunitas Volkswagen Cabrio Camat Magelang memanfaatkan potensi ini untuk menarik para wisatawan yang ingin melakukan tour keliling desa, kota, ataupun sejumlah destinasi wisata yang ada di Kabupaten Magelang dengan menaiki mobil produksi Jerman Barat tersebut.

Selain sensasi baru saat menaiki mobil VW klasik tersebut, para wisatawan juga dapat menikmati sejumlah panorama indah lainnya. Seperti gugusan pegunungan di kanan kiri jalan, udara segar khas pedesaan, bangunan Candi Borobudur, maupun tempat wisata lain yang ada di sekitar kawasan Kabupaten Magelang.

Adapun bagi para wisatawan yang ingin merasakan pengalaman menantang yang memompa adrenalin, Balkondes Candirejo yang terletak 4km di sebelah timur kompleks wilayah Candi Borobudur menyediakan paket wisata off-road di pegunungan Menoreh, Desa Candirejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang menggunakan mobil Jeep yang telah disediakan.

Dipandu oleh driver off-road yang profesional, para wisatawan akan diajak berpetualang mendaki pegunungan Menoreh yang terletak sekitar 3km dari Candi Borobudur. Walaupun melewati medan yang terjal, berliku, dan berbatu, namun hamparan pemandangan alam serta lanskap hijau yang indah di kawasan Candi Borobudur, membuat pengalaman ini tak akan pernah terlupakan.

#TantanganODOP3
#onedayonepost
#odopbatch6
#nonfiksi

0 comments:

Post a Comment